Masalah yang sering dihadapi jika membuat invoice menggunakan aplikasi pengolah angka Microsoft Excel adalah sering terjadinya double number invoice atau nomor invoice yang kelewat. Nah sekarang Kalam Azhar akan berbagi pengetahuan bagaimana cara membuat nomor invoice secara otomatis bertambah sendiri saat file di simpan, dan file invoice otomatis akan tersimpan secara berurutan pada folder yang sudah disiapkan.
- Baiklah untuk lebih jelasnya silahkan download file invoice dengan penomoran otomatis pada link berikut. Down.
- Jika sudah terdownload buatlah folder dengan nama "invoice" pada drive C:/
- Buka file Invoice yang sudah anda download
- Maka akan terlihat tampilan berikut ini. Berhubung file tersebut ada kode Macro, maka fasilitas macro harus di aktifkan. Perhatikan pada Security Warning pada gambar di bawah ini.
- Klik Option
- Maka akan terlihat 2 pilihan untuk mengaktifkan macro. Pilih saja Enable This Content.
- Selanjutnya silahkan edit sesuai kebutuhan format template invoice di bawah ini.
- Untuk menggunakan nomor invoice tersebut anda tinggal mengisi pada kolom quanity, description dan unit price kemudian klik SIMPAN.
Catatan:
Anda bisa merubah tempat penyimpanan file dari drive C ke D hanya dengan mengedit kode macro invoice number tersebut. Caranya tekan tombol ALT+F11, silahkan rumah pada kode merah berikut ini,
Sub SaveInvWithNewName()
Dim NewFN As Variant
' Copy Invoice to a new workbook
ActiveSheet.Copy
NewFN = "C:\invoice\Inv" & Range("I8").Value & ".xlsx"
ActiveWorkbook.SaveAs NewFN, FileFormat:=xlOpenXMLWorkbook
ActiveWorkbook.Close
NextInvoice
End Sub
Sub NextInvoice()
Range("I8").Value = Range("I8").Value + 1
Range("B21:H34").ClearContents
End Sub
Update :
Sesuai pertanyaan seseorang di kolom komentar yang menginginkan file invoice ini tersimpan dalam berupa excel dan pdf.
Maka saya modifikasi kode macro untuk aplikasi invoice ini sehingga output yang dihasilkan bukan saja berupa file berekstensi xls tapi juga berkestensi pdf. Export Excel Sheet ke PDF dengan VBA Excel Macro ini sangat berguna bagi perkantoran. hasil modifikasi invoice otomatis beserta export Excel sheet ke PDF bisa anda pelajari dan praktekan pada kode macro berikut ini:
Sub SaveInvWithNewName()
Dim NewFN As Variant
' Copy Invoice to a new workbook
ActiveSheet.Copy
NewFN = "C:\invoice\Inv" & Range("I8").Value & ".xlsx"
ActiveWorkbook.SaveAs NewFN, FileFormat:=xlOpenXMLWorkbook
CetakKePdf
ActiveWorkbook.Close
NextInvoice
End Sub
Sub NextInvoice()
Range("I8").Value = Range("I8").Value + 1
Range("B21:H34").ClearContents
End Sub
Sub CetakKePdf()
ActiveSheet.ExportAsFixedFormat Type:=xlTypePDF, Filename:= _
"C:\invoice\Inv" & Range("I8").Value, Quality:=xlQualityStandard, _
IncludeDocProperties:=True, IgnorePrintAreas:=False, OpenAfterPublish:= _
False
DoEvents
MsgBox "Data XLS dan PDF Sudah di simpan "
End Sub
Silahkan modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Semoga berhasil. Jika ada pertanyaan silahkan comment atau kirim pesan. Oh Iya file yang sudah jadi silahkan download di bawah ini.
Unduh.
Posted by 9:38 AM and have
5
comments
, Published at
5 comments:
Bisakah save as nya berupa PDF ?
akan sangat membantu. trmksh
Terimakasih untuk panduannya,
bagaimana caranya supaya bagian pixture "save xls and pdf" tidak kesave dalam dokumen pdf nya ?
wah terimakasih banyak. Semoga menjadi keberkahan untuk mas.
izin unduh dan dipelajari.
Sangat membantu, ijin unduh terima kasih banyak sharenya.
dear, untuk mac cara mengubah folder c dan d nya gimana ya ?
Post a Comment