Kumpulan Ilmu Office dan Bisnis

CARA MERUBAH HURUF KECIL MENJADI HURUF BESAR DI EXCEL

CARA MERUBAH HURUF KECIL MENJADI HURUF BESAR DI EXCEL

Saat aat mengetik teks pada program Microsoft Excel kadang suka lupa atau bahkan sangat dibutuhkan pada saat-saat tertentu sebuah teks di dalam cell ingin dirubah dari huruf yang kecil menjadi huruf yang besar (Kapital).

Untuk Anda yang sudah terlanjur mengetik kalimat atau teks pada cell dengan huruf kecil, Anda tidak perlu merubah / memperbaikinya menjadi huruf besar dengan cara di ketik ulang. Tapi, yang Anda perlukan adalah hanya mengetikan rumus saja untuk merubah teks di excel dari huruf kecil menjadi huruf besar.




Formula / rumus / fungsi excel untuk merubah huruf kecil (lowercase) menjadi huruf besar (uppercase) adalah "UPPER". Cara penulisan rumusnya adalah:
=UPPER(text) Yaitu rumus yang digunakan untuk merubah text langsung pada cell tersebut.
Contoh: Misalnya pada cell A1 saya mengetikan rumus berikut; =UPPER("kalamazhar") maka hasilnya adalah KALAMAZHAR. (NB. pengetikan dalam kurung harus menggunakan tanda kutif yah.)

Cara kedua menggunakan rumus UPPER adalah; =UPPER(cell)
Contoh: Misalkan pada cell B2 terdapat text Kalam Azhar dan pada cell C2 adalah cell yang akan dijadikan hasil perubahan huruf kecil menjadi huruf besar. Maka rumus yang digunakan adalah:
=UPPER(B2)
Masih kurang faham dengan UPPERCASE?. Perhatikan gambar berikut ini!
Cara merubah huruf kecil menjadi besar

Berikut tahap-tahap langkah menggunakan fungsi UPPER:
  1. Ketikan text yang ada pada gambar di atas dimulai dari judul, cell A4 samapai E9, dengan menggunakan huruf kecil atau awalnya besar (Sentence Case)
  2. Pada cell C5 sampai C9 terdapat string teks yang mempunyai karakter teks huruf Awalnya besar (Sentence Case) dan pada Cell G5 adalah hasil dari perubahan huruf kecil pada C5 menjadi Huruf Besar.
  3. Jika sudah diketik, pada kolom G5 ketik rumus; =UPPER(C5), Lihat pada gambar di atas.
  4. Selanjutnya Anda tinggal menduplikasi saja untuk rumus pada cell di bawahnya
Itulah cara merubah huruf kecil (lowwercase) menjadi huruf besar (uppercase) pada Microsoft Excel. Lain waktu Insya Allah Kalam Azhar akan membahas cara merubah huruf besar ke huruf kecil atau merubah huruf kecil menjadi huruf awalnya saja besa (sentence case). Semoga membantu.
Salam Excel.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Rahmat Hidayat, Published at 7:00 AM and have 1 comments

1 comment:

imam maulana said...

Thanks Berat Tutornya brother