Kumpulan Ilmu Office dan Bisnis

Cara Menggunakan Rumus If Pada Excel 2007

Cara Menggunakan Rumus If Pada Excel 2007

Cara Menggunakan Rumus If Pada Excel 2007

Cara menggunakan rumus IF pada Microsoft excel 2007, 2010 atau 2013 sangat mudah, namun harus memahami logikanya dahulu. Pemahaman logika pada rumus IF sangat diperlukan karena sangat berkaitan erat dengan penulisan rumus IF nantinya.

Format penulisan rumus IF adalah:
=IF(logical_test,[value_if_true,],[value_if _false]) atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah =IF(logikan yang diuji, [hasil jika bernilai benar], [hasil jika bernilai salah]).

Beberapa contoh penulisan menggunakan rumus "IF":
  • =IF(A1="A","Apel","Data Tidak Ada") ===> Penggunaan If 1 Logika
  • =IF(B8="01",100000,IF(B8="02",50000,0)) ===> penggunaan If 2 logika
  • =IF(I12>=90,"Sangat Baik",IF(AND(I12>=80,I12<90),"Baik","Kurang")) ==> penggunaan if 2 logika yang digabung dengan rumus AND. Supaya lebih jelas contoh penggunaan rumus if 2 Logika dikombinasikan dengan rumus AND bisa Anda baca pada postingan Contoh Soal Rumus Excel Logika If And.
Mungkin yang perlu diperhatikan saat penulisan angka dan huruf, Penulisan huruf WAJIB menggunakan tanda kutip misalnya pada contoh pertama. Sedangkan penulisan angka usahakan jangan menggunakan tanda kutif, karena jika menggunakan tanda kutip dikhawatirkan akan berubah format yang tadinya angkan menjadi format text yang mengakibatkan angka tersebut tidak bisa dijumlahkan.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by rahmat hidayat, Published at 2:25 AM and have 0 comments

No comments: