Kumpulan Ilmu Office dan Bisnis

Fungsi Mail Merge Pada Microsoft Excel

Fungsi Mail Merge Pada Microsoft Excel

Fungsi Mail Merge Pada Microsoft Excel

Fungsi Mail Merge Pada Microsoft Excel sebernarnya tidak ada. Mail merge berada pada Microsoft Word, terdapat pada menu Mailings. yang fungsinya sebagai fasilitas untuk pembuatan surat gabung atau surat masal.

Namun jika anda belum tahu apa sih Mail Merge itu?, silahkan baca pada postingan selanjutnya tentang Mail merge. Dalam mail merge terdapat minimal 2 dokumen yang digabung menjadi satu saling berhubungan satu sama lainnya. Misalnya contoh penggunaan mail merger pada pembuatan surat  yang ditujukan kepada beberapa orang dengan nama, jabatan, dan alamat yang berbeda.

Data yang diperlukan dalam pembuatan mail merge tersebut adalah:
  1. Data surat yang dibuat menggunakan Microsoft Word
  2. Data nama-nama orang yang akan di kirim surat (dalam hal ini disebut dengan database). Database dapat dibuat menggunakan aplikasi Ms. Access, Ms. Excel atau yang paling sederahan menggunakan tabel di Microsoft word juga.
Misalnya dalam kasus ini Kita akan buat data surat menggunakan mail merge dengan ketentuan bahwa Microsoft Word sebagai induk surat dan Microsoft excel sebagai data pendukung, dalam hal ini Microsoft Excel hanya sebagai penyimpan database karyawan.

Jadi kesimpulannya adalah fungsi mail merger pada Microsoft excel adalah sebagai berikut.:
Microsoft Excel hanya bertindak sebagai data pendukung (DATABASE).


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by rahmat hidayat, Published at 12:24 AM and have 0 comments

No comments: