Kumpulan Ilmu Office dan Bisnis

Cara Super Cepat Membuat Pangkat 2 (Persegi) dan 3 (Kubik) di Microsoft Excel

Cara Super Cepat Membuat Pangkat 2 (Persegi) dan 3 (Kubik) di Microsoft Excel

Pendahuluan
Bagaimana Cara Super Cepat Membuat Pangkat 2 dan 3 di Microsoft Excel?
Setelah sebelumnya saya posting bagaimana cara membuat pangkat persegi dan kubik di Microsoft excel, sesuai janji cara yang ketiga adalah cara super cepat membuat pangkat atau derajat misalnya angka 2 atau angka 3 kecil di atas huruf lain.

Postingan sebelumnya cara cepat dan mudah membuat bilangan pangkat 2 di Microsoft Excel telah saya jelaskan 2 cara membuat angka 2 kecil di atas huruf, yaitu menggunakan cara Insert - Symbol dan menggunakan format font dengan memilih fasilitas superscript.

Cara tesebut kurang praktis dan kurang cepat karena menggunakan mouse. Jika menggunakan mouse dilakukan maka akan memakan waktu persekian detik. Dalam hal pengetikan sebuah data di Microsoft excel perlu adanya kecepatan mengetik, salah satunya adalah dengan menggunakan shortcut keyboard. Ada cara yang super cepat untuk membuat pangkat 2 dan pangkat 3 di Microsoft Excel. Namun anda harus mengafal kode ini, karena ada beberapa angka yang harus anda dihafalkan.

Cara membuat pangkat ini saya dapatkan hasil otodidak pada tahun 2003, saat saya masih menggunakan Microsoft Office 2000 dan sampai sekarang masih bisa digunakan. Cara ini adalah shortcut standar penggunaan symbol menggunakan keyboard.

Intinya sama saja seperti menambahkan sumbol ke area kerja Excel. tapi cara ini menggunakan keyboard dan tidak menggunakan mouse. Teknik ini sering saya gunakan karena lebih praktis dan lebih cepat dalam mengetik. Oh iya, selain di Microsoft excel teknik ini bisa digunakan di keluarga Microsoft Office (Microsoft Word, Microsoft Power Point).

Contoh Kasus membuat Pangkat 2 Di Microsoft Excel
Untuk contoh kasus Microsoft excel kali ini saya menggunakan contoh daftar harga barang material di toko bangunan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar data Microsoft excel berikut ini:
pangkat kubik
Pada gambar di atas yang bertanda biru dan hijau adalah contoh penggunaan angka meter persegi dan meter kubik. Nah, bagaimana cara membuatnya hanya dengan keyboard?.

Cara Super Cepat membuat Pangkat 2 Di Microsoft Excel.
Berikut adalah cara super cepat membuat angka 2 (persegi) atau angka 3 (kubik). Sebagai contoh anda mengetikan CM² dan M³ maka yang harus anda lakukan adalah menekan tombol keyboard ALT+0178 untuk pangkat 2 dan ALT+0179 untuk pangkat 3.
Masih kurang jelas cara membuat pangkat 2 dan 3?.

Ikuti langkah berikut:

  • Ketik huruf yang anda mau misalnya "CM"
  • Tekan dan tahan tombol ALT
  • Tekan angka 0178 pada angka di keyboard sebelah kanan (JANGAN angka di atas huruf yang berbaris, HARUS menggunakan keyboard sebelah kanan)
  • Lihat hasilnya jadi CM²
  • Selesai.

Jika ingin membuat simbol kubik maka anda tinggal ganti dengan angka 0179.
Berikut List yang bisa anda gunakan untuk membuat simbol angka 2 simbol untuk persegi dan angka 3 simbol untuk kubik:
  • Pangkat 2 (²) persegi = ALT + 0178
  • Pangkat 3 (³) kubik = ALT + 0179
Masih kurang faham? Silahkan kirim pesan ke Kalam Azhar. Semoga membantu.






share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Rahmat Hidayat, Published at 8:39 PM and have 5 comments

5 comments:

Unknown said...

Kalau menggunakan laptop gimana cara nya?

Unknown said...

Kalau pangkat yang dabel atas bawah

Unknown said...

Tank you bro, semoga berkah ilmunya

Unknown said...

thanks ya sangant membantu saya semoga sehat slalu biar bisa berbagi lagi ilmunya

Kuhakukun said...

Thanks gan..
nitip Link : https://bloginfokuhaku.blogspot.com