Kumpulan Ilmu Office dan Bisnis

Cara Menggunakan Rumus Mid Di Microsoft Excel

Cara Menggunakan Rumus Mid Di Microsoft Excel

Rumus Mid adalah rumus yang digunakan untuk mengambil karakter dari sebuah cell dari posisi karakter yang mau diambil sebanyak karakter yang mau di ambil. Rumus Mid di Microsoft Excel tidaklah terlalu sulit jika tidak digabungkan dengan rumus lainnya seperti rumus IF, Vlookup, Hlookup dan rumus lainnya.

Format penggunaan rumus MID adalah:

=MID(text,Start_number,numb_chars).


Contoh penggunaan rumus Mid misalnya seperti berikut ini:
Contoh ada sebuah teks ANAKCIREMAI pada cell A1, kemudian dari kata anakciremai tersebut akan diambil kata CIRE maka  rumus yang di tuliskan pad cell B1 adalah =MID(A1,5,4); artinya Mengambil karakter dari huruf ke 5 sebanyak 4 huruf. Pada kata ANAKCIREMAI huruf kelima adalah C kemudian diambil sebanyak 4 karekter dan hasilnya adalah CIRE.

Contoh lainnya adalah
Cell A2 terdapat kata RAJAGALUH ==> =MID(A2,3,5) hasilnya adalah "JAGAL"
Cell A5 terdapat kata MAJALENGKA ==> =MID(A2,5,6) hasilnya adalah "LENGKA".

Contoh rumus MID dalam bentuk gambar:
rumus mid

Itulah cara menggunakan rumus MID, selanjutnya Kalam Azhar akan bahas cara menggunakan rumus left dan cara menggunakan rumus right. Rumus lebih lanjutnya kombinasi rumus Left dengan IF, rumus left dengan vlookup atau rumus left dengan hlookup, Kalam Azhar juga akan membahas penggunaan rumus kombinasi antara mid dengan IF, VLOOKUP, HLOOKUP.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Anakciremai, Published at 9:48 PM and have 0 comments

No comments: