Kumpulan Ilmu Office dan Bisnis

Cara Super Cepat Membuat Simbol Angka ½ (Setengah) di Microsoft Excel

Cara Super Cepat Membuat Simbol Angka ½ (Setengah) di Microsoft Excel

Lanjut kembali pembahasan tentang pengolah angka, sebelumnya Kalam Azhar sudah membahas tentang rumus menghitung masa kerja serta membahas tentang menambahkan angka nol sebelum angka lainnya. Untuk pembahasan kali ini Kalam Azhar akan membahas bagaimana cara membuat simbol setengah 1/2 (½)?.

Membuat Simbol Angka ½ (Setengah) di Microsoft Excel sangatlah mudah, Cara ini sangatlah super cepat , karena tidak perlu insert symbol, Anda hanya tinggal mengetikan atau menekan kombinasi angka dan tombol alternatif di keyboard. Baiklah Kalam mulai saja cara membuat simbol setengah (½) di Microsoft Excel yang sangat mudah.


Perhatikan gambar tabel di atas, pada kolom satuan terdapat angka ½ pack, 2½ pack, 3 ½ pack, 5 ½ dus. Nah untuk membuat simbol setengah yang kecil seperti pada gambar tabel di atas, ikuti langkah Kalam Azhar berikut ini:


  1. Buat Tabel seperti gambar tabel di atas
  2. Pada kolom satuan saat mengetik angka ½ jangan menggunakan angka biasa (1/2) karena jika menggunakan 1/2 maka hasilnya tetap seperi itu, ukuran angkanya 1 per 2nya jadi besar.
  3. Gunakan tombol keyboard ALT+0189
  4. Misalnya pada cell F9 ingin mengetik ½ pack maka langkah yang harus dilakukan adalah tekan tombol ALT kemudian tekan huruf 0189 yang ada pada keyboard angka (Key Number) atau angka-angka yang berada pada sebelah kanan keyboard anda, bukan angka yang berada di atas huruf abjad. (jangan lupa number Lock diaktifkan)
  5. Lihat hasilnya.
Itulah cara membuat simbol setengah di Microsoft Excel, jika masih kesulitan silahkan comment pada postingan Kalam Azhar di bawah ini. Oh iya jika mau download contoh filenya silahkan unduh di Google Drive sini.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Rahmat Hidayat, Published at 5:20 AM and have 3 comments

3 comments:

Unknown said...

Klo untuk pecahan yang 1/5 atau lainnya gimana?

Dito said...

Sesat

Anonymous said...

membantu banget